Home » Uncategorized » ‘GERAKAN 1 JUTA FACEBOOKERS: Bebaskan Chandra-Bibit dari Penangkapan KEDUA.’

‘GERAKAN 1 JUTA FACEBOOKERS: Bebaskan Chandra-Bibit dari Penangkapan KEDUA.’

Blog Stats

  • 53,378 hits

Categories

Flickr Photos

More Photos

Top Clicks

  • None
Gerakan Facebookers Dukung Bibit-Chandra
‘GERAKAN 1 JUTA FACEBOOKERS: Bebaskan Chandra-Bibit dari Penangkapan KEDUA.’
Jum’at, 23 April 2010, 07:01 WIB
Ita Lismawati F. Malau

VIVAnews – Pada 2009, dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah dituding menerima suap dari pengusaha Anggodo Widjojo. Saat itu, Chandra dan Bibit sempat merasakan ‘hotel prodeo.’

Dukungan masif dari publik mengalir pada dua pimpinan KPK itu setelah sidang Mahkamah Konstitusi (MK) November 2009. Lembaga hukum itu memutar rekaman Anggodo Widjojo dengan sejumlah orang terkait Bibit dan Chandra.

Dukungan publik mengalir deras seiring menguatnya indikasi kriminalisasi terhadap Chandra dan Bibit pasca pemutaran rekaman itu. Salah satu dukungan datang dari facebookers. Dengan judul ‘Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto,’ 9 Desember 2009, Usman Yasin Full mengumpulkan dukungan bagi dua pimpinan KPK itu.

Sukses. Hingga saat ini tercatat 1,378,911 anggota bergabung dalam akun ini. Dukungan dari publik lah yang kemudian memaksa pemerintah memikirkan ulang untuk membawa kasus Bibit-Chandra ke pengadilan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun meminta agar kasus dugaan suap itu diselesaikan di luar pengadilan. Kejaksaan lalu merespons dengan menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP).

Namun, Senin lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan SKPP itu tidak sah. Pengadilan juga memerintahkan agar kasus Bibit-Chandra dilimpahkan ke pengadilan. Ini menjawab gugatan SKPP yang diajukan Anggodo Widjojo.

Dukungan untuk Bibit-Chandra pun mengalir kembali. Di dunia maya, dukungan digalang dengan berbagai cara, salah satunya adalah ‘GERAKAN 1 JUTA FACEBOOKERS: Bebaskan Chandra-Bibit dari Penangkapan KEDUA.’

Akun yang dibuat aktivis Fadjroel Rachman ini memberikan sejumlah informasi terkait kasus dua pimpinan ini pasca putusan praperadilan SKPP di PN Jakarta Selatan itu. Salah satu pendukung akun adalah Bibit Samad Rianto sendiri.

Sejumlah  facebookers memasang pendapatnya, misal: Em Nazig yang menulis “Indonesia-Indonesia hmm…. malaikat pun sdh enggan melihat indonesia dan setan pun mampir pun sudah segan.”

Lalu ada Ndut, yang menulis “Bosen sama kasus korupsi yang di Indonesia memang dari awal dibiarkan subur…. sekalinya mau di tebang abis2an.. eh ketuanya di tangkep krna konspirasi…..males nanggepinnya…. toh uang rakyat telah mereka gunakan untuk membeli rumah di singapore, membeli tanah di berbagai wilayah di Indonesia…hukuman mati seharusnya sudah sejak dari lama di berlakukan tapi lagi2 mengatasnamakan HAM sehingga hukuman ini tidak bisa di berlakukan di Indonesia…. para koruptor itu menurutku lebih melanggar HAM….membuat jutaan rakyat miskin di Indonesia makin kelaparan, jutaan anak2 tidak bisa memperoleh pendidikan yang layak.”

Lalu ada Ardiyanto Ardhie yang mengetik “Sang pemberantas kejahatan emang selalu dimusuhi para penjahat, apa lagi para koruptor. Mereka selalu mengatur siasat buat menghancurin KPK…”

• VIVAnews'GERAKAN 1 JUTA FACEBOOKERS: Bebaskan Chandra-Bibit dari Penangkapan KEDUA.'


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: