Home » liputan » Fajroel Rahman Tantang SBY

Fajroel Rahman Tantang SBY

Blog Stats

  • 53,378 hits

Categories

Flickr Photos

More Photos

Top Clicks

  • None

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/26/10435731/fajroel.rahman.tantang.sby

JAKARTA, SABTU – Pengamat sosial dan politik Fajroel Rahman menantang
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Apa tantangan yang disampaikannya?
Ia mengritik wacana yang digulirkan Presiden SBY mengenai tidak
tertutupnya kemungkinan dijatuhkan hukuman mati bagi para koruptor.
Dia mengajukan tantangan apakah SBY siap dihukum mati jika ia
diketahui melakukan korupsi.

“Maaf saja, soal hukuman mati dalam kasus korupsi, saya berbeda dengan
sebagian besar masyarakat. Saya tantang SBY, kalau nanti KPK menemukan
bahwa beliau korupsi 1 rupiah, mau tidak dihukum mati. Saya tantang,
berani tidak,” kata Fajroel dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (26/7).

Alasan yang diajukan Fajroel, lebih ke alasan penegakan HAM dan moral.
Menurut dia, tak ada yang berhak mencabut nyawa manusia selain Tuhan.

Atas tantangan Fajroel kepada SBY ini, pakar Hukum Pidana UI Rudi
Satrio mengatakan, tidak bisa sembarangan menjatuhkan hukuman mati.
“Kalau Anda menantang SBY, nanti dulu, bagaimanapun juga harus
dijatuhkan secara profesional tidak bisa sembarangan. Harus dicari
bukti yang menguatkan,” kata Rudi.

Awal pekan lalu, Juru Bicara Kepresidenan Andi Alfian Mallarangeng
menyatakan bahwa Presiden tidak menutup kemungkinan dijatuhkan hukuman
maksimal berupa hukuman mati bagi koruptor. Wacana ini akhirnya
bergulir, ditengah pro kontra penerapan hukuman mati dan eksekusi yang
dilakukan terhadap beberapa terpidana dalam satu bulan ini.

“Pernyataan SBY itu salah dan keliru, dan sudah ketinggalan zaman. SBY
harus hati-hati. Ingat bahwa Indonesia sudah meratifikasi konvensi PBB
soal hak sipil dan hak politik, bunyinya “siapapun tidak boleh
sewenang-wenang mencabut nyawa seseorang”. Dan SBY ikut menandatangani
konvensi itu. Mungkin dia lupa,” kata Fajroel.


35 Comments

  1. Salut & Selamat berjuang buat Bang Fadjroel, saya bangga sekali ada orang Kal-Sel bahkan orang Kotabaru berada di jajaran Pemain nasional menuju RI1/presiden, sebagai sesama orang muda yang mempunyai tujuan mulia untuk negri ini seperti menasionalkan aset negara ( seperti kata pian di Today Dialogs di Metro TV ) saya atas nama pribadi mendukung Fadjroel Rahman for President.

    Merdeka

    • murid baru says:

      judul: SATRIO PININGIT PRESIDEN KE-7 ADALAH JOKO LELONO.
      Dicopy dari komentar CAKRA NINGRAT http://satriopiningitmuncul.wordpress.com/satrio-piningit/comment-page-1/#comment-1018
      Bila rakyat sudah serba salah dan dipersalahkan maka saat-saat seperti itulah waktu yang tepat JOKO LELONO tampil membela rakyat. JOKO LELONO akan membiarkan pemilu 2014 berlangsung aman dan tertib agar kita semua terperangkap dalam satu suasana yang serba salah. Sebagaimana prinsip-prinsip hukum “GOD COMPILATION OF LAWS”, bilamana manusia telah menginjak-injak hukum manusia, maka hukum alam akan menegur manusia dengan bencana alam, bila bencana alam tidak juga difahami maka selanjutnya keputusan hukum dikembalikan kepada Tuhan. Bila Tuhan mengambil alih hukum maka ketetapan hukum Tuhan akan turun. Ketetapan hukum itu disebut dengan wahyu.

  2. Hikmatullah Insan Purnama says:

    Aktivis ITB yang konsisten dengan cara dan perjuangannya. Sepak terjang Fajroel ketika Mahasiswa masih saya ingat. Beberapa teman Fajroel pada saat dulu sudah berubah. Ini menunjukan Fajroel orang yang konsisten

  3. abdul rahman siregar says:

    saya dan teman2 di Riau tepat nya di pekan baru akan mengadakan Kongres Pemuda, saudara katanya dari kaum muda, coba ikut diskusi di pekan baru?

    abdul rahman siregar
    badan Pekerja Kongres Pemuda Riau

  4. Saya mendukung Bung FADJROEL RACHAMAN untuk maju menjadi Presiden RI 2009 – 2014. Beberapa alasan yang menjadi alasan saya untuk mendukung Bung Fajrul bisa dilihat disini ;
    http://erickfebryan.blogspot.com/2008/07/dukung-fadjroel-rachman-sebagai.html
    Salah satunya adalah karena Bang Fajrul adalah kaum muda yang idealis, berani dan tegas.
    Ayo Bung Fajrul maju bawa Indonesia ini lebih baik dan merdeka dari penjajahan asing!!!
    Oh iya, denger2 Bung Fajrul merapat juga ke PKS. Itu malah Joss Gandos!!!Hebat alias Very Good!!!
    Tetapi apabila Bung Fajrul ingin maju dengan independen maupun partai lain, saya akan mendukungnya sepenuh hati.
    Oh iya, karena dukungan saya ini saya membuat banner di website saya untuk mendukung Bung FAjrul dalam Pilpres 2009 nanti.
    Maaf apabila saya membuat bannernya tidak seijin bung FAjrul…
    Tetapi sekarang sekalian minta ijin..
    TErima kasih bung Fajrul!!!
    Kami selalu mendukungmu…

  5. reza says:

    bung fajroel, sadar diri dong!, tidak mesti menjadi Presiden untuk berbakti kepada nusa dan bangsa, mendingan bung tetap jadi kritikus bangsa, saya dukung itu tapi tidak untuk mencalonkan diri

  6. Erwin Ramali says:

    jadi capres dianggap seperti jadi ketua RT aja

  7. Thomas Kristianto says:

    Bang Fadjroel,
    Saya kagum dengan konsistensi anda dari tahun 80-an waktu di ITB sampai sekarang. Saya teringat waktu SMA dulu di Bandung ikut berdesak-desak di kantor PN di jalan Riau untuk mengikuti sidang ‘subversif’ Anda dan rekan-2. Sayangnya yang nampak konsisten sampai sekarang dengan idealisme itu hanya tinggal segelintir termasuk Anda. Yang lain banyak yang berpaling ketika terjebak dalam nikmatnya kekuasaan, kepentingan bisnis dan politis, budaya korupsi, dan akhirnya menjadi pelaku langsung dari proses pengikisan kesejahteraan rakyat dan negara, pengikisan budaya sosial & politik yang jauh menyimpang dari tujuan para Bapak bangsa.
    Bangsa kaya ini saat ini praktis tidak memiliki kekayaan.
    Disaat bangsa besar yang lain menghemat sumber daya alam (energy) utk kepentingan sendiri, di saat negeri kita mengalami defisit listrik dan energy, kaum oportunis di negeri malah sibuk menggadaikan sumber-2 energy tsb ke luar negeri.
    Disaat kondisi ekonomi masyarakat kebanyakan dari hari ke hari kian memberat akibat kenaikan minyak dan efek domino-nya, para elit politik kita kok malah sibuk saling menuding, cari kambing hitam, dan hanya konsisten dengan satu hal…KORUPSI.
    Apa ini tujuan dari para Bapak Bangsa kita? APA INI YANG KITA (RAKYAT) INGINKAN? APAKAH KITA KAUM MUDA AKAN MEMBIARKAN INI TERJADI?
    APA KITA AKAN MEMBIARKAN DALAM 20-30 TAHUN MENDATANG NEGARA INI AKAN MENJADI NEGARA MISKIN TANPA ADA SUMBER DAYA ALAM, TANPA ADA SUMBER DAYA INTELEKTUAL, dengan kata lain BANKRUPT??
    AYO…BAGI YANG MASIH PEDULI DENGAN BANGSA INI, KITA PILIH TOKOH MUDA YANG BERSIH, IDEALIS, KONSEPTUAL, CERDAS dan bukan sekedar yang punya nama besar dan modal besar.
    Saya dukung Anda Bang Fadjroel. Saya setuju dengan 5 besar program Anda. Kalau masih membutuhkan volunteer, saya bersedia menjadi bagian dari team Anda, mungkin semacam community organizer untuk membantu mengembangkan ‘network orang muda peduli bangsa’ yang siap menyokong Anda di 2009 nanti.

    Selamat Berjuang Bang Fadjroel.
    Tidak ada yang mustahil bagi kaum yang senantiasa berusaha.
    LET’S PUT OUR NATIONS ON THE RIGHT TRACK.

  8. nurcholis kartiman says:

    kebudayaan Indonesia dengan kelisanan yang tinggi membutuhkan simbolisme dalam struktur sosial budayanya, dan dalam politik itu tercermin patronase, patron-klien, yang teramat kuat. dalam dunia politik, figur menjadi bentuk lain simbolisme itu sendiri. maka tak heran, orang sebodoh susilo bambang yudoyono, orang sekonyol jusuf kalla, sebebal megawati, masih diharapkan menjadi presiden!
    maka kali ini semoga kita punya harapan, karena kita punya fadjroel rahman. saya kita fadjroel rahman datang dengan cara yang berbeda, ia datang dengan konsep kenegaraan dan kebangsaan yang baik, serta perhitungan yang memadai. keberaniannya memaparkan konsep kepemimpinan, konsep membangun negara, merawat bangsa, dalam bentuk buku, merumuskan 5 butir konsep baku, adalah sangat brilian. meskipun, dengan tingginya pembajakan, dan tingginya otak udang pada diri politikus kita, ide-ide fadjroel mesti akan dicuri oleh politikus lain.
    entah bung fadjroel akan memimpin kita (sebagai presiden) di masa depan atau tidak. apa yang dilakukannya adalah bagian dari tanggung jawab sebagai intelektual, yang tidak lagi ingin adem ayem berumah di angin (seperti kata rendra), tapi yang kemudian berani menjejak lumpur politik.
    saya dukung fadjroel rahman, hanya sya bingung juga, ini benar blog dukungan buat bung fadjroel bukan y? kenapa tidak membuat website, blog sepertinya masih main, dan kurang bisa dibaca dengan baik. kalau mau buat jaringan di jogja, saya besedia ikut bung. kita bunuh marx yang mengatakan perubahan itu alamiah, perubahan itu harus direbut!!
    semoga bung fadjroel naik, sepakbola kita bisa masuk piala dunia, amin… hehehe.

  9. umar says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
    Salam dari Urang Banjar,

    Dukungan selalu mengalir, biarpun pian dari Kotabaru dan ulun dari Banjarmasin.

    Seorang capres tidak hanya perlu dukungan, ia perlu penyegaran pemikiran, substansi, dan ketegaran….

    Ketika seorang capres hanya mengusung popularitas dengan memasang 25 iklan di media massa, padahal semua orang tahu bahwa ia telah menjual Blok Cepu kepada Exxon, maka nantikanlah kehancuran Indonesia jika ia benar-benar maju sebagai presiden…

    Pertahankan program people-based anda, nasionalisasi aset migas jangan ditunda, tapi hati-hati bung, jangan mengulangi kesalahan yang sudah2… save civil supremacy, control military subordination!

  10. Momon Wijaya says:

    Bukan karena saya orang Banjarmasin (KalSel), kemudian simpatik kepada anda, lain hal yang sangat peting pada diri anda adalah seorang anak Bangsa dan saya pikir satu-satunya pemuda yang berjiwa konsisten yang berniat tulus untuk menyelamatkan Bangsa dari keterpurukan dalam segala hal.
    Kalau Allah SWT Mengijinkan, saya mau bergabung dengan bang Fajroel,
    Semoga Allah SWT memberikan jalan terbaik dan mewujudkan hasrat anda.
    Wassalam.

  11. MP3345 says:

    Maju terus bung !!
    akar masalah bangsa ini sesungguhnya adalah bersumber pada pengelolaan sumber daya energy atau kekayaan alam yang tidaska benar. Bila dikelola sendiri dengan benar, tak perlu PLN beli batu bara mahal lalu listrik byar pet mati hidup. Bila gas tidak dikontrakjual ke depan harga murah, gas tak perlu hilang dari pasar dan harga tetap murah dan tersedia murah bagi rakyat. bila kesemuanya dikelola dengan benar tak perlu ada BLT, rakyat tak perlu ngantri beras, ngantri minyak dll. Ayo maju terus bang Fajroel !! rakyat merindukan pemberani untuk melakukan perubahan, tapi maksudnya bukan harga BBM yang berubah naik. Wass

  12. SYB says:

    …mending angkat koper pulang kampung ke Kal Sel sana. Primordialisme adalah penyakit Orde Baru yang hinggap ke aktivis bahkan orang seperti Fadjroel. Kalo mau potong generasi, orang seumur Fadjroel juga harus dijagal karena produk sakit hatinya Orde Baru. SAMPAH.

  13. Oedzhank says:

    Maju terus Bung Fajroel pantang mundur, kami merindukan pemberani yang bisa menasionalisasi asset negeri ini dan jangan dengar antek2 negeri ini yang haus kekuasaan dan serakah, nyatanya antek2 hanya bersuara jika kepentingan pribadinya dijegal, diacak2 yang dapat membahayakan kelangsungan komunitas mereka. Saat ini menjelang pemilu muncul profil2 yang seolah-olah peduli dengan negeri ini padahal merka adalah aktor2 yang menyengsarakan, menindas rakyat dan lebih jahat dari penjajah. Semoga Allah ridho dengan langkah berani Bung Fajroel untuk mengangkat martabat dan mensejaterakan bangsa ini.

  14. Binun says:

    Oedzhank says “saat ini menjelang pemilu muncul profil2 yang seolah-olah peduli dengan negeri ini padahal merka adalah aktor2 yang menyengsarakan, menindas rakyat dan lebih jahat dari penjajah”. Lah Bukannya itu si Fadjroel?

  15. MP3345 says:

    25 Agustus 2008, harga gas naik lagi……
    kasihan ibu2 rumah tangga, setelah minyak tanah sulit dan mahal kemudian beralih ke gas ternyata gas juga bertahap terus naik. Sayangnya gas yang dimiliki negeri ini malah tidak sedikit yang dijual kontrak ke depan ke luar negeri dengan harga murah.
    Benar apa yang sering diucapkan bang farjoel dalam beberapa kesempatan diskusi. membenahi masalah migas , adalah masuk agenda penting bila negeri ini ingin rakyatnya sejahtera.
    Caranya ya harus kembali ke UUD 45 pasal 33 bahwa bumi dan air serta kakayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.
    Barang2 yang menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar- besarnya bagi kemakmuran rakyat.
    Pasal tersebut masih sah dan memiliki kekuatan hukum.
    Pasal tersebut merupakan amanah dari para pendiri bangsa guna mewujudkan kesejahteraan umum sebagaimana tercantum dalam mukadimah pembukaan UUD45.
    Salam hangat buat bang fajroel.
    dari MerahPutih 3345

  16. MP3345 says:

    gimana caranya ya pasal 33 bisa diwujudkan kalo kapitalisme global merajal lela, penguasa semakin rakus dan orang-orang di pinggiran seperti bang fadjroel sama saja?

  17. taufiq says:

    Tulisan Fadjroel di atas sangat jujur. Hal yang tidak ada di capres lain.

    Sebagai orang awam, bagaimana strategi bung fadjroel untuk mewujudkan impian itu ?
    Dalam pandangan saya yang sederhana, sekarang ini dukungan politik dari parpol adalah hal mutlak. Apakah cukup dengan mengkampanyekan sebagai calon independen.
    Kekuatiran saya, ketika harapan sedemikian besar, ketika sebuah terobosan cara pandangan mengenai kepemimpinan negeri ini terkuak lebar–ada setitik cahaya di lorong sana–, namun kurang ada pengimbangan pada hal yang praktis, akan membuat kekecewaan lagi. Ha yang biasa terjadi dalam sejarah.

    Saya salah satu kutu di negeri ini yang turut menyimpan harapan.

  18. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Sy trmasuk orang salut to Bang Fadjroel, krn cuma antum yang konsisten dgn cita idealis seorang aktifivis gerakan perubahan sosial, disaat pemuda-pemudi mantan aktifis menggadaikan diri kpd parpol-parpol yang masih warisan orde baru.

    satu-persatu mantan aktifis khususnya generasi 1998 belomba-lomba berebut kursi menuju Senayan, naif memang disaat Rakyat butuh keradikalan mereka menghadapi Rezim SBY-JK yang sudah anti rakyat. hanya antum yang bisa kami harapkan melakukan perubahan sistem keindonesiaan kini ..!

    bang saya n kawan-kawan di Bogor Siap dukung abang

    hanya satu untuk antum Maju Terus ! Fadroel For President 2009 !

    Jazakumullah Khairan Katsiran, Wassalam.

    Firman Wijaya Dipa Proletariawan, SH.
    Mantan Ketua Umum HMI-MPO Cabang Bogor Periode 2006-2007 M

  19. Amir Hamzah says:

    Bagus bung Firman, nanti ente yang digadaikan Fadjroel ke para dedengkot sosialis agen Yahudi antek Zionis!

  20. martua says:

    selamat utk bung fadjroel

  21. Mugheni PR says:

    aku suka bung Fadjroel anti intel dan anti militer! mari dukung Fadjroel Rachman untuk menjadi Presiden RI supaya intel-intel dan militer Indonesia bisa dibersihkan. aku jadi ingat pembersihan militer di Uni Soviet oleh Stalin tahun 1930-an. Dengan demikian militer bisa dikendalikan oleh rakyat. kapan bung Fadjroel memantapkan agenda untuk itu? saya yakin pasti didukung oleh rakyat!

  22. Hamba Allah says:

    Abang Fadjroel jangan alergi terhadap intel-intel itu. Kalau Abang Fadjroel jadi paranoid, apa bedanya dengan rezim? Sebenarnya abang kan sama aja sebagai hasil sampahnya rezim Soeharto jadi sebaiknya abang ikutan nyingkir tenggelam bersama Faisal Tanjung, Wiranto dan yang lainnya. Sekarang sudah jaman demokrasi bang, kenapa juga harus diki-dikit intel. Capeklah bang. Mending abang pensiun aja. Aku lihat abang jadi nggak jelas gitu!

  23. Parno says:

    Panjul, elu kok parno banget sich! Mendingan elu pergi berobat jalan, benahin tuch otak elu. Kalau belum beres juga, jangan maju jadi presiden. Nggak pantes. Muka kampung, otak parno! Pantesnya jadi penjahat politik saja.

  24. binun says:

    ah itu kan karena Fadjroel aja yang nggak tahan kritik. Buktinya lihat tuh multiplynya isinya pujian melulu karena yang mengkritik sudah dihapus semua. Munafik. Sakit. Kalo Fadjroel mo jadi presiden seperti ini sih bahaya besar buat Indonesia: diperintah dan dikuasai oleh orang yang dzalim, munafik, paranoid, lemah akal, lemah akal, tidak tahan kritik dan paling parah dia lemah hati alias anti Islam. Itu sudah situasi yang luarbiasa mengerikan. Apalagi Fadjroel yang bernama Islam itu ternyata didukung oleh gereja. Naudzubillah pokoknya. Coba tanya deh apakah ada kaum muslimin sejati yang mau mendukung? Saya kira tidak. Tapi saya masih percaya, suara-suara kebenaran seperti komentar di ataslah yang tampil seutuhnya, bukan hasil editan atau tipuan atau postingan palsu dari Fadjroel pribadi seperti di multiply.com

  25. Karman says:

    Lho? Memangnya yang di multiply.com itu palsu semua ya? atau jangan-jangan Fadjroel memang punya “tim pejaten” untuk menipu publik agar seolah-olah pendukungnya banyak? Saya curiga jangan-jangan itu tim yang dibentuk Fadjroel untuk memposting semua pujian yang berlebihan itu, bahkan sampai ada yang mimpi-mimpi segala. kalau begitu, Fadjroel juga dengan sendirinya selain penipu, demagog, kutubusuk ternyata dia juga intel? Berarti selama ini gua dibohongin dong! Anjing….

  26. Vivaldi127 says:

    heuheueheueheu ternyata Fadjroel itu intel ya? taii bener emang kerjaan intelijen di Indonesia. Masa iya sih masang mata-mata jadi Capres yang gak ada kualitasnya begitu?

  27. fadjroel says:

    nama berbeda tapi kok ip addressnya sama?
    temennya fadjroel yang sedang ngecek blog ini.

  28. Kritikus Fadjroel says:

    bung fadjroel yang tidak senang disinisin oleh orang yang tidak mendukungnya! kasihan dech elo. nanti kalau elu pegang kekuasaan, bisa2 elu kirim tim kopassus kayak soeharto kirim anak buahnya masukin elo ke penjara. dasar sama2 anti kritik elo berdua.

  29. Bayu says:

    Sekali saya angkat topi buat anda Bung Fadjroel…
    Anda memang pemberani, dan itu yang saya amati sejak dahulu,dan semoga tetap tidak berubah walaupun nantinya mungkin dapat suatu jabatan dalam pemerintah.
    Saya juga setuju mengenai pendapat anda tentang hukuman mati, yang berhak mencabut nyawa manusia adalah Malaikat yang diutus oleh Tuhan, karena pada hakikatnya manusia diciptakan oleh Tuhan, dan diambil juga nyawanya oleh Tuhan melalui Malaikat-Nya, manusia bukan Malaikat. Karena manusia tidak memiliki sifat seperti malaikat.
    Akan tetapi saya masih sedikit bingung tentang kebebasan yang anda dengungkan,, Apakah kebebasan itu secara total? Karena dalam buku yang anda tulis ” DEMOKRASI TANPA KAUM DEMOKRAT” tentan kebebasan, tentang ……….,………..,, disitu ditulis bahwasannya seorang atheis pun tidak bisa menjadi seorang aheis yang total, dan menurut saya seorang manusiapun belum tentu juga bisa mendapatkan kebebasan atau menganut kebebasan secara total.

  30. Kasihan Bayu says:

    Bung Bayu, jangan membabi buta terhadap Fadjroel. Dia adalah petualang politik yang penuh bualan. Kalangan sosialis kerap menertawakan dia, walau dia aslinya dibina oleh kelompok sosialis.

  31. sutradalang says:

    hello.. bung fadjroel.. kalau saya sih tetap mendukung capres independence.
    gak tahu ya apa capres independence bisa lebih merdeka tidak disitir dan lebih mengutamakan nurani perlu dibuktikan lebih dulu🙂

  32. Pendukung Kritis says:

    Bung Fadjroel.. saya dulu pengaggum anda karena anda kelihatannya tokoh muda yang berani dan berintegritas. Tapi rasanya saya harus koreksi sekarang; karena naga-naganya anda cuma memanfaatkan momen Pilpres 2009 untuk memperkenalkan diri anda kepada khayalak ramai. Anda rupanya hanya selebritas politik yang oportunis saja!

  33. Avalezes says:

    sudah ada Menteri tambah lagi Wakil menteri, ditambah lagi dengan Dewan Pertimbangan Presiden, di tambah lagi Komite ekonomi nasional,tambah lagi staff khusus presiden…terus besok apa lagi….??? berapa milyar anggaran negara untuk menggaji orang-orang ini..?? yang gue tau sih sebentar lagi tarif LIstrik, PDAM, Kreta Api…mau naik, gitu aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: